search

bermonolog

[monolog]: pembicaraan yang dilakukan dengan diri sendiri

more from the blog

Writing and Drawing

menggambar
aslinya gambar ini milik @irmaningsih- ini aku sedikit ubah

Halo masih dichallenge #30DaysWritingChallenge. Hari ini topiknya adalah write about a lesson you've learned. Untuk kali ini saya sedang tidak ingin menuliskan tentang banyaknya pelajaran, pelajaran hidup dalam dua puluh tiga tahun saya. Tetapi, apa yang sedang saat ini saya tekuni dimasa pandemi. Ada dua hal yang beberapa bulan ini sedang saya asah, pertama menulis dan kedua menggambar. Bagaimana saya mencoba mentransfer apa yang saya pikirkan baik dalam bentuk tulisan atau berupa gambar. Oke saya mau cerita dulu ya. 

Kenapa sih saya belajar kedua hal itu ? Bagini, dulu sekali ketika SMP saya sempat bercita-cita menjadi penulis, haha. Biasanya saya membuat suatu cerpen atau puisi. Saat itu ketidakpercayadirian saya dengan tulisan hanya berakhir dengan menulis di buku atau laptop. Bahkan sekedar untuk menaruh di mading saja saya merasa tidak percaya diri. Apakah ada orang yang baca ? Apakah mereka suka dengan tulisan saya ? Atau hanya dilalui begitu saja. Seingat saya ini bukan blog pertama saya, dulu sekali saya sudah pernah membuat blog, tapi sayang saya lupa apa alamat email yang digunakan dan ya sudah. Blog sekarang pun saya sudah buat jauh ditahun 2014, tapi sayang saat itupun belum ada niat untuk mencoba memulai kembali sebuah tulisan. Sampai pada tahun 2018 saya memberanikan diri untuk menulis. Pikiran saya saat itu pokoknya nulis, apapun itu saya harus nulis. 

menulis, tulisan cerpen
salah satu tulisan yang membuat saya tertarik menulis - @irmaningsih 

Saya sangat senang dengan karya-karya tulisan orang lain, sering sekali saya melakukan blogwalking. Salah satu alasan melakukan blogwalking tentu mencari ide dan menganalisa bagaimana blog mereka, tulisannya dapat menarik banyak pengunjung bahkan memiliki pembaca setia. Saya suka kegiatan menulis meski terkadang saya masih sering merasa bahasa atau cerita saya terlalu melow, haha. 

Selama pandemi membuat saya harus memutar otak apa yang harus saya tulis, karena tentunya saya tidak ingin mengabaikan blog saya begitu saja. Padahal, sebelum pandemi saya sudah memikirkan konten apa yang akan saya bahas dan sudah mempersiapkan segalanya. Qodarullah....semuanya batal, jadilah saya kehabisan ide, buntu. 

_____

Selain menulis, saya suka sekali mengamati gambar-gambar orang lain baik ilustrasi, vektor wajah dan segala bentuk penuangan ide dalam gambar. Saya kagum bagaimana mereka dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Mudah ? Iya yang saya lihat mudah, tapi saya rasa sampai dititik itu juga nggak  mudah. Semuanya butuh proses. Panjang pendeknya suatu proses setiap orang tentu berbeda-beda bukan ? Termasuk saya yang memang nggak ada skill gambar, hanya coba-coba.

BACA : Belajar Menggambar

Saya mulai menggambar, nggak lebih tepatnya menjiplak gambar dengan foto di aplikasi infinite design. Pertama kali mencoba, saya menghabiskan kurang lebih empat jam menggunakan handphone dan jari-jariku. Menggambar melatih saya untuk sabar, apalagi pas mewarnai. Bagaimana mengkombinasikan warna dan memadupadankan tekstur, sungguh sulit sekali bagi saya. Pelan-pelan saya coba, terkadang saya suka kesal sendiri karena masih belum pandai melakukannya, hanya sekedar feeling.

Dua hal tersebut saja memberikan pembelajaran luar biasa, untuk konsisten, untuk sabar dan utamanya niat dan mau. Semua itu memang ngga mudah, tapi selagi dijalani saya menikmatinya. Menikmati setiap tulisan dan gambar saya. Saya suka merasa bahwa menulis dan menggambar jadi tumpahan perasaan. 

Setiap selesai menulis dan menggambar, saya selalu bilang sama diri saya:

"karyamu bagus, bagus karena kamu bisa mengaplikasikan apa yang ada di kepalamu dengan cukup baik. Mungkin belum sebagus yang lain, tapi namanya juga proses nggak langsung *ting*  jadi bagus. Iya, kan Ya ?"

Apakah lima sepuluh tahun lagi saya masih dalam kegiatan yang sama dan menghasilkan tulisan dan gambar yang lebih baik atau malah vakum ? Saya berharap, saya tetap melakukannya. 


Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa ! Semoga kalian selalu sehat dimanapun berada. 

#30DaysWritingChallenge-write about a lesson you've learned

 

 

 

Comments

  1. Wah, aku terharu sekali! Aku juga suka blogwalking di sini loh, karena tulisan-tulisanmu mindful banget, karena konsepnya monolog barangkali. Aku juga kagum sama gambarmu. Inget kan yang aku komen itu? Menurutku, idenya itu loh yang makin bikin sebuah gambar jadi lebih mengagumkan!

    Terima kasih ya sudah menyimpan gambar dan cerpen itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali irma, sepertinya karena kamu juga aku makin percaya diri buat nulis !

      Delete

Post a comment

do you wanna know when a new post comes out?

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !


Suka nulis tapi kadang-kadang.


Please, send me a hello :)
cahyaisnainii@gmail.com


Instagram