social icons

search

bermonolog

[bermonolog]: blog ini dibuat sebagai salah satu komunikasi dengan diri sendiri

more from the blog

Peekmycraft Project's




Hai, yang belum tau @peekmycraft. Saya jelasin dulu ya, @peekmycraft adalah akun instagram yang saya buat untuk share hasil kerajinan khususnya macrame dan crochet. Apakah saya sudah lama belajar kedua hal itu ? 
Jawabannya, tidak. Kalau untuk merajut, sudah pernah belajar tapi hanya sebentar aja. Karena, terbatas peralatan dan jenis-jenis benangnya. Kalian yang tinggal di luar Jawa mungkin paham bahwa ongkir tak semurah yang dikira. Dapat diskon ongkir jadi Rp 25.000,- aja sudah bahagia sekali. 

Lanjut pembahasan artikel, baru-baru ini saya belajar untuk membuat makrame. Ada dua yang sudah saya buat yaitu tas handphone dan pouch. Keduanya saya buat karena memang untuk pemakaian pribadi. Saya juga membuat connector mask. 

Baca Juga : It's me, peekmycraft


Saya sudah lama sekali tertarik dengan dunia kerajinan tangan, baik dari menjahit, menyulam, merajut dan sebagainya. Awalnya saya suka membuat prakarya, dulu sekitar tahun 2012 ketika zaman-zamannya bross dari kain flanel. Saya juga melakukan hal yang sama. 

Belum sampai pada tahap dijual, masih penggunaan pribadi baik yang dulu maupun sekarang. Saat ini saya masih terus belajar, sampai memutuskan untuk menjual produknya. Impian saya, bisa punya workspace di rumah, ada spot dimana saya bisa menaruh segala kebutuhan kerajinan tangan dan melakukannya disana. 

Peekmycraft Project's



Berapa lama sih pengerjaan untuk satu buah tas/ dompet yang dibuat ? Tergantung, tergantung seberapa besar yang ukuran, model pattern dan simpul apa saja yang akan dibuat dalam satu produk. Lalu, berapa banyak tali yang terpakai ? Jawabannya sama seperti diawal, tergantung ukuran dan bagaimana pola yang akan dibuat. 

Saya belajar otodidak yang sumbernya dari youtube tentunya. Ada yang pengerjaanya 2 (dua) hari dengan kurang lebih 8 -10 jam. Tetapi, ada juga yang 4 (empat) hari dengan total pengerjaan 15-16 jam. 

Benang yang saya gunakan ada ukuran 3mm dan 4mm. Jika ingin menggunakan yang lebih kecil maka jumlah talinya juga harus lebih banyak. Tali yang dijual juga memiliki variasi berat ada yang 100gr, 200gr, 500gr dan 1kg. 

Saran saya, jika ingin membuat tas atau dompet silakan membeli tali dengan jumlah yang besar. Kenapa ? Karena tiap penjual atau produksi benang itu bisa berbeda-beda, dari segi tebal tipis benang atau lembut dan kasar benangnya. 

Jadi, dikhawatirkan jika membeli ulang meski di toko yang sama, bisa jadi kualitas yang pertama berbeda dengan pembelian kedua. Meminimalisir perbedaan kualitas benang dalam satu produksi barang. 




Buat teman-teman yang sudah terjun di dunia ini apakah ada saran untuk saya ? Kalau ada boleh dong kita tukar pendapat di kolom komentar. 

Terima kasih ya sudah membaca, sampai jumpa ! 





Comments

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !

Sekarang tinggal di Kalimantan. Penulis pemula, suka sekali makan dan masak. Senang sekali belajar hal-hal baru.

Please, send me a hello :)
cahyaisnainii@gmail.com