social icons

search

bermonolog

[bermonolog]: blog ini dibuat sebagai salah satu komunikasi dengan diri sendiri

more from the blog

Hunting Ikan Asin



Apakah disini ada yang suka dengan ikan asin ? Kalau iya, tos dulu dong kita. Saya suka sekali dengan ikan asin, tidak semua ikan asin. Tetapi bisa makannya, kecuali yang disalai atau beberapa jenis ikan asin yang memang ikan segarnya pun saya kurang suka. 

Liat profil singkat saya, ada yang sudah baca dan pernah tahu Kabupaten Sanggau ? Nah, saya lahir dan sekarang tinggal di Kabupaten Sanggau. Iya, sekarang saya kembali kesini setelah menyelesaikan studi di pulau Jawa. 

Beberapa waktu lalu, seperti biasa saya diajak ke pasar untuk menemani mama berbelanja. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah kios yang menjual ikan asin. Berbagai macam ikan asin dijual disini. Tidak heran memang, Kalimantan Barat sangat familiar dengan ikan asin. 

Baca Juga :Recook Pempek Dos Chef Farah Quinn

Bahkan, saya lebih senang membawa ikan asin sebagai oleh-oleh. Kalian tahu, bahwa ikan asin disini sangat berbeda dengan yang ada di pulau Jawa. Disini ikan asin sangat kering, ada yang sedikit basah tetapi tentu harga juga berbeda. 

Pokoknya, kalian yang main-main ke Kalimantan Barat wajib bawa ikan asinnya. Wajib banget mencoba. Kalau juga yang merasa haduh kok ikan asin sih. Eits jangan salah, harga ikan asin perkilonya lebih mahal dibandingkan ikan segar. Seperti yang saya lihat, semakin kering biasanya semakin mahal. 

Selain itu juga, ikan asin dari 1 (satu) jenis ikan juga memiliki berbagai macam ukuran. Jadi, meskipun sama-sama ikan asin sepat misalnya, dari segi ukuran, kering-tidaknya itu juga mempengaruhi harganya. 

Macam-macam Ikan Asin 






*note : bisa jadi terdapat perbedaan penyebutan nama-nama ikan*


Bisa dilihat dari gambar-gambar di atas dan diluar itu masih banyak lagi macam-macam ikan asin. Apakah nama-namanya sama dengan tempat teman-teman ? Bisa share  di kolom komentar ya. 

Terima kasih sudah membaca ! 




Comments

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !

Sekarang tinggal di Kalimantan. Penulis pemula, suka sekali makan dan masak. Senang sekali belajar hal-hal baru.

Please, send me a hello :)
cahyaisnainii@gmail.com