Review Buku : The Life-Changing Magic of Tidying Up

(foto menyusul haha) 


Ketemu lagi disuasana yang masih di rumah aja. Mei lalu, saya dapat kiriman hadiah dari giveaway buku dari Mba Astrida Hara. Buku ini saya pilih sendiri judulnya The Life-Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo. 

Seperti yang sudah saya jelaskan ditulisan-tulisan saya sebelumnya kalau saya sedang belajar untuk meminimaliskan barang-barang, mengganti barang sekali pakai menjadi yang bisa terus bertahan tiga hingga empat tahun lamanya dan saya juga sedang belajar untuk decluttering. Saya sudah mempelajari dari berbagai channel youtube dan makin penasaran dengan teknik dari Marie Kondo. Inilah yang membuat saya semakin penasaran dan mempelajari teknik KonMari ini. Sekilas cerita singkat tertarik buku ini dan simak ulasannya ya. 

Sinopsis Buku The Life -Changing Magic of Tidying Up 

Walaupun sudah susah payah merapikan rumah, apakah kertas-kertas terus saja bertumpuk dan pakaian harus terus anda jejal-jejalkan di lemari ? Kenapa tidak bisa menjada kerapian rumah ?  

Marie Kondo memperkenalkan metode merapikan yang ampuh tiada duanya, KonMari. Keampuhan metode yang kini semakin marak diterapkan di Jepang dan telah dikemas dalam program televisi laris "Tidy Up With KonMari !" ini, telah menular ke seluruh dunia. Saking ampuhnya, tak seorang pun klien kondo kembali ke kebiasaan berantakan (dan calon kliennya harus masuk daftar tunggu selama tiga bulan).

Beruntunglah melalui buku ini anda berkesempatan 
  • Menjadi klien jarak jauh Kondo, menentukan barang-barang mana saja di rumah anda yang "membangkitkan kegembiraan" dan mana yang tidak;
  • Memulai kebiasaan berbenah yang efektif dengan sistem berbenah berdasarkan kategori;
  • Membabat habis situasi berantakan, hingga menikmati efek ajaib dari rumah yang rapi-beserta pikiran damai yang mengikutinya

Judul Buku : The Life-Changing Magic of Tidying Up
Penulis : Marie Kondo
Harga : Rp 59.000,- (Pulau Jawa)
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Kategori : Inspirasi 


Review Buku The Life-Changing Magic of Tidying Up 

Gaya bahasa dan tulisan pada buku The Life-Changing Magic of Tidying Up mudah dicerna dan mudah dipahami maksud yang ingin disampaikan oleh Marie Kondo. Tiap bab saya baca selalu membayangkan dengan betapa banyaknya barang-barang yang ada di rumah saya. Betapa banyak barang yang dirasa akan terpakai dikemudian hari dan teronggok begitu saja disembarang tempat. Mungkin tampak rapi tetapi pada nyatanya sangat tidak rapi. Buku ini mengajarkan banyak hal tentang seni beres-beres dan metode merapikan ala Jepang. Dalam buku ini banyak sekali yang saya jumpai dan saya rasakan ketika berbenah. Hal ini tentu tidak hanya saya saja yang merasakan, tentu teman-teman juga merasakan hal yang sama. Apalagi ketika berbenah dan berlama-lama di satu barang karena masih berpikir suatu saat mungkin barang ini akan digunakan dan nyatanya tidak. 

Buku ini mengajarakan mengapa kita tidak bisa menjaga kerapian rumah, mengajarkan bagaimaan kita mengemas, membereskan segala barang yang ada tanpa ampun, bebenah berdasarkan kategori, bagaiman dengan menyimpan dengan tepat akan memberikan kesenangan dan kenyamanan dalam diri hingga tentunya keajabian beres-beres.  

Bagian yang paling saya suka dalam buku ini adalah tentang berbenah tanpa dilihat keluarga dan berbenah berdasarkan kategori terutama membereskan pakaian dan buku. Benar apa yang dikatakan Marie Kondo dalam bukunya bahwa jangan membersihkan/merapikan barang ketika terlihat oleh keluarga. Kalau disaya pastinya mama, kenapa ? Karena bukan jadi merapikan malah akan disimpan lagi dan dirasa akan digunakan dilain waktu. Tetapi, pada nyatanya barang-barang yang dikemasi oleh keluarga kita itu tidak terpakai. Mereka hanya merasa "sayang" jika harus dibuang. Terlalu banyak barang sentimentil yang harus dibenahi. 

Setiap membuka lembar baru dalam buku ini saya selalu membayangkan rumah dan kamar saya yang penuh dengan banyak barang. Terlihat rapi, tetapi masih banyak barang yang menurut saya jarang terpakai dan sayang untuk dikeluarkan. Hal seperti ini yang tentu harus dibenahi, bagaimana saya bisa membereskannya tanpa ampun. 

Memulai untuk berkemas, mengubah gaya hidup dan pola berpikir untuk bagaimana mengefisienkan barang-barang yang ada dan tidak semakin menumpukkan barang-barang yang tidak terpakai itu memang tidak mudah. Dan bagi saya juga bukan serta merta satu dua bulan saya bisa *cling* berubah...Tapi dari buku ini saya banyak sekali belajar tentang berbenah dalam satu waktu untuk membereskan semuanya.


Intinya banyak sekali hal menarik dalam buku ini, menyenangkan rasanya membaca buku lalu menerapkannya. Dengan kondisi saat ini yang memiliki banyak waktu luang di rumah, saya rekomendasikan membaca buku ini atau nonton youtube Marie Kondo dan cari teknik-teknik beres-beres yang dilakukannya.


Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Semoga bisa menjadi referensi bacaan untuk teman-teman. Tetap jaga kesehatan semuanya !


0 komentar