Review Buku: Bekerja Karena Allah

by - April 21, 2019

Review Buku: Bekerja Karena Allah 

Bekerjalah diniatkan karena Allah, bekerjalah denga tujuan ibadah agar setiap langkahmu ketikan bekerja bernilai ibadah.

(Sumber: Koleksi Pribadi)

Kalimat pembuka diawal sering banget didengar sekarang ini. Bahkan dalam al-Qur'an juga telah dijelaskan mengenai kaitan pekerjaan dan ibadah. Pekerjaan memang memenuhi kebutuhan manusia dalam material. Tetapi, bukan berarti kita melupakan kewajiban lain kita untuk beribadah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Nasihat seperti ini tidak hanya didengar dari agama islam saja melainkan agama lain juga. Dulu, ketika pertama kali bekerja dapet nasihat kurang lebih begini kutipan dari atasan saya :

"Ya, ingat. Kamu bekerja bukan hanya untuk diri kamu saja. Bukan juga untuk saya atau yang lainnya. Niatkanlah bekerjamu karena Tuhan, niscaya pekerjaanmu akan lancar dan berkah"
Bahwa beliau tahu saya muslim dan mengingatkan kembali mengenai pekerjaan tidak hanya berkaitan antara sesama manusia tetapi juga kepada Allah agar senantiasa terberkahi.
 Selain itu, ada pula buku yang membahas berkaitan dengan apa yang telah dijelaskan diatas 'Bekerja Karena Allah'

Judul Buku : Bekerja Karena Allah 
Nama Pengarang : Idat Mustari 
Jumlah Halaman : 128 hlm
Tahun Terbit : 2017
Penerbit : Safina 

Sinopsis :
Buku ini memberikan perspektif lain mengenai bekerja. Pembaca diminta untuk berpikir ulang mengenai tujuan bekerja, apakah sudah menikmati pekerjaan tersebut ? Apakah selama ini sudah mengetahui untuk siapa dan karena siapa kita dapat bekerja. Pembaca diajak untuk lebih mengenal tentang definisi lain bekerja agar setiap lelah yang dikerjakan bisa menjadi lillah. Bahwa hasil dari bekerja juga tidak hanya mencukupi kehidupan pribadi dan keluarga melainkan ada harta orang lain didalamnya.

Karena kita tahu, terkadang ketika sudah sampai pada titik kejayaan. Manusia suka terlena dan lupa dengan siapa yang telah memberikan segala nikmat yang diberikan. Manusia lupa untuk saling berbagi. Hingga lupa juga bahwa hakikatnya bekerja tidak hanya perihal uang melainkan soal ibadah.

Dalam buku ini kita diajak untuk bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan kepada hambanya. Ketika kita menoleh, jangan terlalu sering menengok ke atas. Coba sekali-kali lihat ke bawah, berapa banyak yang masih kurang beruntung dari kita tetapi lebih banyak mengucap syukur. Jika memang waktu yang diberikan belum sekarang, maka buat diri kita melakukan hal-hal yang positif. Jika pikiran kita positif maka kita juga akan membawa orang lain untuk berpikiran positif. Perbanyak bersyukur dengan apa yang kita miliki dan manfaatkanlah harta yang dimiliki untuk hal yang baik. Buku ini cocok untuk yang belum maupun sudah bekerja. Bagi yang belum bekerja dan masih mencari pekerjaan, baca buku ini dengan baik agar mendapat pencerahan. Bagi yang sudah bekerja, dengan membaca buku ini bisa memperbaiki apa yang seharusnya diperbaiki. Mau tahu isi lengkapnya ? Yuk dibaca bukunya


Pada hakikatnya, manusia memang makhluk yang tidak pernah puas. Tetapi, tidak ada salahnya untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki. Tidak berkenan untuk menggurui dengan apa yang telah dibaca dan dipelajari, mencoba untuk berbagi dan mengingatkan terutama untuk diri sendiri. Semoga berkenan dengan review buku kali ini, semoga bermanfaat dan selamat membaca.





Ps: By the way, terima kasih untuk anak kontrakan yang memberikan beberapa buku sebagai hadiah salah satunya ini. Terima kasih karena buku ini memberikan banyak pembelajaran karena saya memilih untuk  resign di pekerjaan sebelumnya karena suatu hal. Salam hangat dari Kalimantan !

You May Also Like

0 komentar