Kenapa Milih Ngeblog ?

by - May 12, 2019

Kenapa Milih Ngeblog ?

Buktikan sekarang, angkat penamu tulis bila gemar menulis~
(Sumber: www.pexels.com/@pixabay)

Kali ini saya akan membahas, kenapa saya milih ngeblog ? Padahal banyak dari teman saya untuk menyarankan melakukan hal-hal yang lain untuk menyalurkan hobi lain yang saya miliki. Saya mau cerita kenapa saya tertarik untuk menulis dengan media blog ini.

Awal mulanya saya tertarik menulis itu karena saya hobi baca novel. Nah, karena kesukaan saya itulah terbesit cita-cita saya untuk jadi seorang penulis. Tapi, apa daya masih belum punya cukup kepercayadirian untuk menulis dan dipublikasikan. Alhasil, beberapa cerita pendek saya tidak pernah dipublikasikan dan berakhir di draf komputer atau hanya angan-angan saja. Singkat cerita, saya tetap dengan hobi saya membaca novel tetapi tidak pernah lagi melanjutkan untuk menulis. Sampai pada awal 2018, saya memikirkan untuk mencoba menulis dan membuka blog yang sudah lama sekali tidak pernah saya gunakan. Mulai dari sanalah, saya mencoba mengumpulkan keberanian untuk menulis dan mempublikasikan tulisan saya di blog ini.

Ada beberapa pertimbangan kenapa saya memilih untuk menulis kembali. Yuk, simak alasan saya memilih ngeblog, lagi.

Meningkatkan Kemampuan 

Dengan menulis, kita dapat melatih kemampuan dalam hal membaca, menulis serta menganalisa apa yang telah saya tulis. Apakah tulisan tersebut cukup layak untuk dipublikasikan atau masih banyak yang perlu dibenahi kembali. Hal ini membuat diri saya terlatih untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki supaya terus belajar dan belajar lagi. Berkat menulislah saya harus lebih banyak baca untuk mencari referensi menulis atau bahkan menngikuti kegiatan-kegiatan yang akan menambah wawasan saya.

Mengurangi Stress

Ada sesuatu yang terkadang tidak bisa diungkapkan dengan banyak berbicara. Terkadang cukup dengan menulis sebanyak yang kita mau dapat mengurangi beban pikiran yang ada di kepala ini. Cukup dengan menuangkan dalam sebuah tulisan dapat mengurangi stres yang ada. Setidaknya, menyerukan perasaan dalam bentuk tulisan dapat menjadi sebuah karya.

Mengingkatkan Daya Ingat

Alasan saya yang ketiga adalah dapat meningkatkan daya ingat. Kenapa ? Karena saya termasuk orang yang pelupa hehe. Dengan menulis saya dituntut untuk mengingat kembali apa yang ingin saya tulis. Bagaimana kejadian-kejadian detail yang saya alami hingga saya menuangkannya dalam bentuk tulisan. Banyak hal yang harus saya ingat ketika menulis. Apalagi, ketika saya menemukan suatu ide untuk menulis maka yang saya lakukan adalah saya harus menulis di note handphone atau kertas tentang ide tersebut agar tidak mudah lupa.

Relasi

Dengan menulis blog seperti ini, kita juga bisa mendapatkan relasi baru dengan cara mengikuti kegiatan komunitas blog atau melakukan interaksi dengan blog lain. Kita juga bisa rajin-rajin melakukan blogwalking dengan meninggalkan pesan di kolom komentar. Tentunya dengan kalimat yang positif ya, siapa tahu dengan ini kita bisa saling silaturahmi.

Menambah Pundi-pundi Rupiah

Tak dipungkiri menulis dapat menghasilkan uang. Bahkan, menulis bisa jadi penghasilan utama para blogger profesional. Eits, tapi hal ini belum berlaku untuk saya. Mungkin saat ini belum, belum tahu deh gimana nanti kedepannya. Karena blog saya masih seumur jagung dan masih perlu banyak berlatih disana-sini. Masih banyak yang perlu dikembangkan lagi dalam dunia blog.

Menulis tidak hanya menulis saja tanpa memikirkan kualitasnya. Apalagi dengan blog yang tergolong baru harus bisa membuat tulisan yang menarik dan berkualitas. Dengan berlatih terus menerus dan perbanyak membaca berharap bahwa tulisan yang dibuat dapat berkualitas dan memberikan manfaat bagi para pembaca.


You May Also Like

2 komentar

  1. Wah, kalau hobi nulis sih cocok banget ngeblog, apalagi kayak kk yang bercita-cita punya karya sendiri. Seru juga kayaknya kalau bisa bikin cerita sendiri di blog ini, apalagi kalau ceritanya bikin penasaran ;)

    Saya sendiri malah awalnya cuma iseng ngeblog, ternyata malah keterusan sampai sekarang. Mungkin karena faktor uang juga makanya jadi betah. Tapi seru sih dapet pengalaman, pengetahuan, dan teman baru, salam kenal yah! (telat, kekeke)

    Btw boleh dong kk request diperbesar ukuran tulisannya, apa terlalu kecil buat saya doang y?

    ReplyDelete
  2. Wah, makasih banget sarannya. Semoga tetep bisa rajin nulis. Btw, itu pake ukuran normal si tulisannya. Apa terlalu kecil banget, Apa gimana ? Bisa saran ;))

    ReplyDelete