Tips Membuat Rekening Bank Syariah Untuk (Mahasiswa)

by - May 03, 2019

Tips Membuat Rekening Bank Syariah Untuk (Mahasiswa)


Setiap hal yang diputuskan pasti punya pertimbangannya masing-masing, seperti halnya membuat rekening baru misalnya.
buku dan tabungan
(Sumber: Koleksi Pribadi)
Sekarang ini perbankan syariah semakin berkembang pesat. Kenapa judulnya 'Tips Membuat Rekening Bank Syariah untuk Mahasiswa' ini karena artikel ini berdasarkan pengalaman saya ketika jadi mahasiswi.  Lagian ini juga ada korelasinya dengan jurusan saya yaitu perbankan dan keuangan. Jadi, yuk disimak tips-tipsnya semoga dapat membantu teman-teman yang masih galau mau pilih bank syariah mana untuk menabung hehe.

Kenali Tujuan Membuka Rekening 

Nah disini kita terkadang masih salah dalam tujuan pembukaan rekening. Apakah tujuan tersebut untuk investasi, penggunaan sehari-hari, bisnis dan sebagainya. Hal ini perlu diketahui agar kita juga mendapatkan jenis produk yang sesuai dengan tujuan penggunaaannya. Jadi sebelum memilih untuk membuka rekening, kenali dulu apa tujuan pembukaan rekening tersebut. Apalagi, untuk mahasiswa yang biasanya ingin membuka rekening baru selain rekening bulanan. Pada umumnya, mahasiswa ingin memiliki tabungan sendiri tanpa tercampur dengan uang bulanan yang dikirimkan orang tua. Atau, bisa jadi membuka rekening baru untuk pengelolaan bisnis online yang sedang dikembangkan. Hal ini dapat berguna untuk mengetahui uang masuk dan keluar yang digunakaan untuk keperluan usaha. Jadi penting rasanya untuk mencermati tujuan dari pembukaan rekening ini.

Kenali Jenis Produk Bank Syariah

Untuk produk penghimpunan dana baik bank syariah dan bank konvensional tidak berbeda, tetap ada tabungan, deposito dan giro. Hal yang membedakannya adalah akad yang digunakan oleh bank syariah di tiap tiap produknya. Setidaknya, mencari tahu secara umum akad-akad yang digunakan pada produk bank syariah. Hal ini perlu diketahui oleh calon nasabah yang akan membuka rekening baru di bank syariah. Bagaimana mengenali produk-produknya ? Kita dapat membuka website resmi bank syariah yang diinginkan. Dalam website tersebut terdapat penjelasan dari tiap-tiap produknya mulai dari biaya administrasi hingga layanan apa saja yang didapatkan.

Bagi mahasiswa, biasanya mereka memilih untuk membuka rekening dengan biaya administrasi yang minim atau jika perlu free biaya administrasi. Mengapa ? Karena tujuan utama mereka menabung, tentunya mereka juga memilih produk yang biaya administrasi per bulannya ringan agar tidak mengurangi pokok uang tabungannya.

Bandingkan Produk Bank Syariah 

Tips ketiga ini erat kaitannya dengan tips yang kedua. Jika memang dirasa kurang puas dengan bank yang satu bisa coba teman-teman bandingkan satu bank dengan bank lainnya, baik dari layanan yang didapat, biaya administrasi ataupun pengurusan kehilangan terkait kartu debit dan buku tabungan. Mengapa hal ini perlu dilakukan ? Karena bank syariah yang satu dan lainnya tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jadi wajar rasanya membandingkan hal-hal yang dirasa perlu untuk dibandingkan agar mendapatkan kepuasan dalam pelayanan bank tersebut. 

Pahami Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal 

Tips yang keempat ini berkaitan dengan tarik tunai yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Banyak faktor yang membuat orang lebih memilih bank syariah A dibandingkan bank syariah B salah satunya mesin ATM yang tersedia di daerah-daerah dan bank yang ada di lingkungan tempat tinggal. Alasannya tentu karena mudah dijangkau meskipun biaya administrasi mahal atau pelayanan kurang begitu memuaskan tetapi tetap worth it. Dibandingkan memilih bank B yang jarak bank jauh dari tempat tinggal bahkan tidak ada banknya di daerah itu dan mesin ATMnya juga jarang dijumpai. Hal-hal seperti ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan bank syariah apa yang akan digunakan untuk membuka rekening baru.

Memang tidak dipungkiri kecanggihan teknologi yang membuat semuanya dapat dijangkau melalui ebanking ataupun layanan lain yang dapat digunakan dengan telepon genggam. Hanya saja, ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan di bank secara langsung, misalnya pembuatan kartu debit yang hilang, pembuatan buku tabungan baru, print buku tabungan dan sebagainya. Hal-hal tersebut masih dilakukan di bank secara langsung.

Jadi, pahami lingkungan sekitar apakah ketika memilih menabung di bank A bank tersebut ada di daerah tempat tinggal ? Apakah mesin ATMnya mudah dijumpai dan sebagainya.

buku dan bsm
(Sumber: Koleksi Pribadi)


Tips-tips tersebut dapat diterapkan dalam membuat rekening baru khususnya bank syariah agar apa yang telah dilakukan dapat dimanfaatkan dengan baik. Tips ini dapat digunakan siapa saja kok, karena berhubung saya buat rekening pas jadi mahasiswa dan inilah beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum akhirnya memilih bank A menjadi bank pilihan.




Ps: Btw foto tabungannya memang ada tiga tapi tetep yang saya gunakan hanya satu kok, banyak bukunya aja isinya enggak ada, maklum anak perbankan jadi semuanya dicoba. Saya memilih untuk membuka bank syariah dengan pertimbangan utama lokasi bank. Karena kebetulan tempat saya tinggal dan kuliah berbeda. Sehingga, harus memilih bank syariah yang ada di tempat tinggal supaya tetap bisa melakukan transaksi secara langsung.



You May Also Like

1 komentar