social icons

search

bermonolog

[bermonolog]: blog ini dibuat sebagai salah satu komunikasi dengan diri sendiri

more from the blog

Tutorial Mengganti Template Blogspot

Tutorial Mengganti Template Blogspot

Tutorial Mengganti Template Blogspot
Sumber: Canva
Saya masih newbie banget perihal otak atik blog agar tampilannya lebih enak dilihat. Tapi enggak ada salahnya saya share gimana caranya saya mengubah tampilan blog saya seperti sekarang. Banyak banget sumber kalau temen-teman mau nyoba mengganti template blog baik temen-temen menggunakan blogspot atau wordpress. Keduanya sama-sama bisa diganti template sesuai keinginan. Nah, kalau saya memang memilih tampilan yang simpel aja.

Terus, gimana sih cara saya mengubah tampilan blog saya menjadi seperti sekarang ? Baik, langsung disimak aja ya.


1. Searching Template 

Cari template gratis yang tersedia di website-website penyedia template blog. Untuk tampilan blog ini ada dua yang gratis dan berbayar. Mau pilih yang berbayar dan gratis itu tergantung ke penggunanya aja. Pastinya berbayar dan gratis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kalau saya masih menggunakan template yang gratis. Teman-teman bisa searching di google website penyedia template gratis. Kalau sudah menemukan template yang diinginkan silahkan langsung di download ya. Nanti di file yang sudah di download silahkan di ekstrak file dulu ya.


2. Login ke Akun Blog

Silahkan login ke akun blog teman-teman, kalau saya disini menggunakan akun blogspot. Klik 'tema' dan pilih 'backup/pulihkan'. Kemudian pilih 'choose file' lalu upload. Silahkan lihat gambar di bawah ini ya.
tutorial blog simpel minimalis
(Langkah 1)
tutorial blog simpel minimalis
(Langkah 2)
Kalau sudah berhasil terupload akan ada pemberitahuan gitu atau jika gagal nanti juga akan ada tulisannya. Untuk filenya berupa xml document setelah di ekstrak, karena setelah di ekstrak akan keluar beberapa file. Nah, untuk diupload pilih yang xml document itu ya.

Enggak ribet emang ganti template, tapi cari template yang sesuai tuh rada susah hehe. Jadi, silahkan pilih-pilih dulu template mana yang diinginkan dan cocok untuk tampilan blog teman-teman. Bagi yang mau menggunakan template gratisan jangan khawatir, banyak kok penyedia yang menyediakan template blogspot gratisan.


Ini dia step by step yang saya lakukan untuk mengubah tampilan blog saya. Silahkan dicoba ya, untuk memperindah lagi tampilannya atau mau mengganti warnanya silahkan teman-teman edit lagi ya. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba.


Ps. Kalau ada yang mau ditambahkan silahkan dikolom komentar ya. Terima kasih.

Comments

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !

Sekarang tinggal di Kalimantan. Penulis pemula, suka sekali makan dan masak. Senang sekali belajar hal-hal baru.

Please, send me a hello :)
cahyaisnainii@gmail.com