search

bermonolog

[monolog]: pembicaraan yang dilakukan dengan diri sendiri

more from the blog

Review Buku: Seni Hidup Minimalis

Review Buku: Seni Hidup Minimalis 

Perubahan kecil yang ada dapat memberikan dampak yang besar di kemudian hari.

buku seni hidup minimalis francine jay
(Buku Seni Hidup Minimalis)

Kurang dua bulan lagi sudah berganti tahun, dimana pastinya banyak orang yang akan menuliskan resolusinya untuk tahun yang baru, termasuk saya "mungkin". Tetapi, biasanya saya lebih menuliskan target untuk beberapa tahun ke depan, dan sepertinya hidup minimalis menjadi target saya untuk beberapa yang akan datang. 


Kenapa tiba-tiba saya kepikiran untuk memulai hidup minimalis ? Jadi, sudah hampir setahun lamanya, saya menonton dan membaca tentang apa itu hidup minimalis dan zero waste, asing memang. Terlebih, hal ini asing untuk kehidupan di Indonesia. Tidak mudah memahami dan tetap stabil di jalannya untuk terus hidup minimalis. Dalam, agama saya pun diajarkan bahwa apa yang kita gunakan itu nanti akan dihisab, akan menjadi saksi telah digunakan untuk apa saja barang-barang tersebut. Apakah memberikan manfaat atau tidak ? Bahkan, mungkin saya hanya menjadi barang yang tidak berguna di sudut ruangan. 


Karena hal itulah saya mempelajari lebih banyak bagaimana caranya agar saya bisa menahan hawa nafsu saya untuk membeli produk-produk yang sebenarnya belum saya butuhkan atau saya hanya membeli produk itu karena trend semata dan masih banyak lagi alasan lain. Saya perlu memahami arti hidup sesederhananya, bagaimana saya tetap hidup bahagia meski saya hanya memiliki sedikit barang.

Sinopsis Buku Seni Hidup Minimalis 


Pernahkah anada menatap semua barang yang anda beli, warisi, atau terima di rumah, dan merasa pengap, bukannya senang ?
Apakah anda mengalami kesulitan mengatasi utang kartu kredit, bahkan tidak ingat lagi apa saja yang telah anda beli ?
Pernahkah anda berharap ada angin kencang yang meniup semua kekacauan di rumah agar anda bisa memulai lembaran baru ?
Buku ini bisa menjadi penyelamat anda !
Bagian pertama buku ini akan menumbuhkan pola pikir minimalis,. Bagian kedua berisi metode STREAMLINE- satu dari sepuluh teknik untuk menjaga rumah tetap rapi. Bagian ketiga mengajak anda menggunakan langkah-langkah khusus untuk menangangi setiap ruangan di rumah. Di bagian keeempat, anda akan melihat bagaimana konsep minimalis membuat kita lebih ramah lingkungan sehingga mampu melestarikan Bumi untuk generasi berikutnya.

Review Buku Seni Hidup Minimalis 

Buku Seni Hidup Minimalis karya Francine Jay adalah sebuah buku yang memberikan pemahaman tentang seni hidup minimalis. Karena banyak orang yang masih menyalahartikan tentang hidup minimalis, bahwa hidup minimalis harus memiliki rumah serba putih, dengan peralatan yang minimalis pula, dan identik dengan mahal. Padahal konsep hidup minimalis tidak demikian. Dengan membaca buku ini, kita dapat memahami konsep hidup minimalis. Bab per bab buku ini mengajarkan kita untuk berpikir bagaimana bisa memulai hidup minimalis, harus mulai dari manakah membenahi barang-barang yang ada. Setelah dibenahi, harus diapakan barang-barang tersebut, apakah dibuang, dijual atau disimpan kembali. Hal terpenting pasti dalam sebuah proses adalah konsisten dalam melakukannya, tentu mengubah cara hidup itu tidak semudah yang kita pikirkan. Tetapi, jika tidak dimulai dari sekarang, harus mulai darimana ? 

Salah satu pembahasan yang paling saya suka adalah mengenai : Buang, simpan atau berikan.
"Trash, teasure, or transfer"
Bagaimana kita harus mulai membenahi barang-barang yang ada di sekitar kita, dimulai dari sudut terkecil yang ada di tempat tinggal kita. Mulai memilah-milah barang yang ada sambil memikirkan kenapa barang-barang tersebut bisa ada, apakah masih berguna, pikirkan sebaik-baiknya. Agar selanjutnya, kita dapat selektif memilih barang yang akan dibeli. 

Deskripsi Buku Seni Hidup Minimalis


Judul Buku : Seni Hidup Minimalis
Pengarang: Francine Jay
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp 88.000,- ( Harga Pulau Jawa)

Teruntuk teman-teman yang menginginkan referensi bacaan, buku Seni Hidup Minimalis bisa menjadi salah satu pilihan. Pemilihan kata yang ringan dan tepat membuat kita dapat mencerna maksudnya lebih mudah. Pemilihan warna sampul yang berwarna kuning membuat pembaca tertarik untuk membaca buku ini. Buku ini juga sudah sampai pada cetakan kelima. 

buku seni hidup minimalis francine jay
(Tampak Depan)
buku seni hidup minimalis francine jay
(Tampak Belakang)


SOMETHINC: PRODUK LOKAL, KENAPA ENGGAK ?

SOMETHINC: PRODUK LOKAL, KENAPA ENGGAK ? 

Selamat datang pejuang jerawat :))

somethinc niacinamide produk lokal
(Dok, Pribadi:  Repurchase ? Yes)

Buat yang masih bingung mencari produk yang cocok dengan permasalahan kulit yang ada, Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum bisa menjadi solusi buat teman-teman. Tentunya, produk yang cocok di kulit saya belum tentu juga cocok di kulit teman-teman semua. Jadi, sebaiknya sebelum mencoba produk ini bisa membaca kandungan apa saja yang ada di dalamnya, cocok buat kulit seperti apa hingga sudah tersertifikasi BPOM atau belum untuk produknya. Produk Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum adalah produk lokal dari brand Somethinc. Dimana Somethinc tidak hanya mengeluarkan untuk produk skincare saja tetapi juga ada produk make up. Selain dua produk sebelumnya yang saya coba yaitu Bio-Oil dan Some By Mi Micellar Repair Serum semuanya adalah untuk memperbaiki kulit wajah saya yang sensitif, kering dan berjerawat.

Untuk produk Bio-Oil sendiri masih tetap saya gunakan, karena memang menurut saya cukup ampuh di kulit sensitif saya dan membantu menyamarkan noda jerawat di wajah. Tetapi, untuk Some By Mi Micellar Repair Serum saya gantikan dengan Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. Kenapa ? Alasan pertama saya karena harganya yang kurang bersahabat di kantong saya dan yang kedua karena efeknya masih belum begitu signifikan di wajah saya. Sehingga, saya memutuskan membeli Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum setelah melihat dan membaca beberapa review yang ada. Buat teman-teman yang juga ingin mencoba produk ini bisa disimak sedikit penjelasan berdasarkan pengalaman saya.



somethinc produk lokal
(Dok. Pribadi)


Deskripsi Produk Somethinc

Somethinc adalah produk skincare lokal. Produk skincare dari Somethinc ada tiga jenis yang pertama Somethinc Niacinamide+ Moisture Beet Serum, Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution dan Somethinc Hylaronic B5. Nah, produk yang saya gunakan adalah Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. Kulit saya yang sensitif dan kering membuat saya harus selektif memilih produk yang dapat digunakan. Tentunya, dengan mencari referensi tentang produk Somethinc. Alhamdulillah, setelah pemakaian satu bulan, jerawat di wajah saya sudah mulai berkurang dan yang cukup signfikan adalah ketika datang masa haid, jerawat di wajah saya tidak separah dulu sebelum menggunakan Somethinc. Menurutku sendiri, baik jerawat dan bekas-bekas jerawat yang hitam-hitam cepat memudar dan lebih melembabkan kulit wajah. First impression penggunaan Somethinc tidak ada efek yang berlebihan di kulit wajah dan juga tidak ada efek cekit-cekit. Sekarang, sudah jalan dua bulan penggunaan Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum dan memberanikan diri untuk review produk.

Kemasan produk juga putih polos dengan keterangan kandungan produk, cara penggunaan dan klaim MUI dan BPOM. Tapi, perlu digaris bawahi kalau kemasan produk Somethinc kaca ya, jadi harus hati-hati meletakan produknya. Sayang kalau nantinya malah jatuh, terus pecah. Pernah satu kali produk ini jatuh ke lantai keramik, dan menghasilkan coeng di kemasannya. Masih untuk coeng nggak sampai terpecah belah, haha.  Untuk harganya  Rp 115.000,- untuk produk Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum. Banyaknya produk hanya 20 ml ya, tapi cukup untuk pemakaian dua bulan. Sedangkan untuk kandungan yang ada di Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum ada apa aja sih  ?



(Dok. Pribadi)


Kandungan Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Buat kandungan yang ada dalam Somethinc itu diantaranya ada Aqua, Allantoin, edta, Niacinamide, hydroxyethylcellulose, glycerin, butylene glycol, fructooligosaccharides, Beta Vulgaris Toot Extract(beet) , Phenoxyethanol. Saya nggak bisa bahas panjang lebar untuk kandungannya, karena memang saya nggak begitu pandai dalam menjelaskan, tapi disana ada niacinamide dimana itu berguna untuk mencerahkan wajah. Dan memang, klaim untuk produk Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum adalah mencerahkan wajah, memperbaiki tekstur kulit, memperkuat penghalang kulit, menyamarkan bintik-bintik gelap dan hiperpigmentasi pada kulit, melembabkan , mengembalikan kelembutan, mengurangi kemerahan, menghilangkan jerawat dan meminimalkan penampilan kulit kering/ rusak. Niacinamide meningkatkan fungsi penghalang dengan meningkatkan produksi ceramide, sementara Beetroot melawan radikal bebas dan melembabkan kulit. Semua klaim dari produk tersebut memang cocok untuk kulit saya, dengan keadaan kulit saya yang sangat kering, sensitif juga, bekas jerawat bahkan jerawat aktif. Kalau dibilang kok segininya banget sih buat memperbaiki penampilan. Ya, ya gimana ya penampilan juga kan untuk kepercayadirian kan, dengan mencoba ini itu saya juga mau dong mengembalikan kepercayadirian saya. Balik lagi ke produknya ya. 

Cara Penggunaan 

Kalau dari tips produknya, penggunaan produk Somethinc 5-10 pipet tetes. Tapi, dikarenakan keterbatasan anak kostan, jadilah saya hanya menggunakan 5 tetes di 5 titik di wajah kemudian di usap hingga ke leher juga ya. 

Pastikan wajah sudah bersih. Gunakan Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum setelah toner. Teteskan Somethinc di 5 titik di wajah (kening, pipi kanan-kiri, hidung, dagu dan diusap ke leher). Diusap ke seluruh wajah sambil dipijat perlahan. 
Produk bisa digunakan pagi, sore dan malam. Sesuai yang tertera di kemasan, untuk melihat perbedaan pada wajah adalah setelah 6 minggu penggunaan produk.


do you wanna know when a new post comes out?

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !


Suka nulis tapi kadang-kadang.


Please, send me a hello :)
cahyaisnaini33@gmail.com


Instagram