Alse ?




Wedang Asle Solo
asle

Solo sedang diguyur hujan akhir-akhir ini, bisa hujan seharian dan kadang disertai gluduk juga. Jadi membuat saya enggan bergerak kemana-mana, tapi apa mau dikata hujan badai pun tetap menjalani aktivitas seperti biasa. 

Kalau musim hujan gini biasanya makanan atau minuman yang dicari mesti yang hangat-hangat. Salah satu wedang atau minuman khas tradisional yang ingin sekali saya coba adalah asle. Aneh bagi saya, baru kali ini mendengar asle dan belum pernah juga melihat wujudnya seperti apa. Alhasil, minggu lalu saya sempatkan untuk mencoba asle ini, di daerah manahan tepatnya di samping KFC Manahan, Solo. 


Asle terdiri dari santan, beras ketan, roti tawar dan agar-agar. Rasanya manis dan gurih, mungkin yang kurang suka dengan santan ini nggak recommend sih karena santannya lumayan kental bagi saya. Pertama kali nyobain saya suka karena cukup gurih, ditambah dengan suapan roti tawar yang bercampur dengan santan. Tapi, kesekian kali suapan saya paham bahwa saya bisa makan ini tapi tidak bisa menghabiskannya. 
Sarannya, wajib dicoba ? Wajib dong, apalagi yang hobi dengan makanan dan minuman tradisional tapi jangan coba-coba untuk yang nggak bisa makan makanan bersantan ya. Selamat mencoba !  


ps. Kalo di kota kalian ada apa aja sih makanan atau minuman tradisionalnya ? 

0 komentar