search

bermonolog

[bermonolog]: blog ini dibuat sebagai salah satu komunikasi dengan diri sendiri

more from the blog

Jalan -Jalan ke Keraton Pura Mangkunegaran

keraton pura mangkunegaran
Dok.Pribadi


Hidup hampir enam tahun di pulau Jawa, dua tempat berbeda yang memiliki keraton belum membuat saya tertarik untuk singgah dan melihat bagaimana suasana dan sejarahnya. 

Minggu lalu, jadi kesempatan saya untuk melihat bagaimana sih Keraton Mangkunegaran yang ada di Surakarta Jawa Tengah. Kenapa akhirnya berpikir untuk 'oke, mau' ya karena mumpung masih memiliki waktu dan kesempatan untuk melihat-lihat disini.

Yuk lihat apa saja dan sedikit sejarah yang saya ingat sesuai penjelasan tour guide

Keraton Pura Mangkunegaran

keraton pura mangkunegaran
Berfoto bersama Pendopo Ageng 


Pura Mangkunegaran atau Istana Mangkunegaran merupakan salah satu keraton yang ada di Surakarta. Perlu diketahui bahwa keraton di Surakarta ada dua yaitu Keraton Pura Mangkunegaran dan Keraton Surakarta Hadiningrat (Keraton Surakarta).

Pembatas antara kedua keraton ini terletak pada perlintasan kereta api (rel kereta) yang berada di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Keraton Pura Mangkunegaran ini terletak di Jalan Ronggowarsito Nomor 83, kelurahan Keprabon, kecamatan Banjarsari Surakarta. Akses menuju keraton sangat mudah karena terletak di daerah kota Surakarta. 

Tiket untuk masuk dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang belum termasuk biaya tour guide (seikhlasnya). Tetapi sayangnya untuk saat ini bangunan keraton sedang dalam masa renovasi. Pengunjung masih bisa melihat-lihat beberapa koleksi yang dimiliki tetapi dalam jumlah yang terbatas.

Pertama kali masuk keraton, pengujung akan melihat bagian depan Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran. Kemudian diajak masuk untuk melihat bagian taman dan daerah yang menjadi kamar-kamar para Putri. 

Jadi, ketika para putri sudah memasuki masa baligh maka akan dipisah tempat tinggalnya. Jumlah kamar yang ada tentu banyak sekali, mengingat Putra Putri Raja tidak hanya satu. Selain itu, dikarenakan dalam masa renovasi sehingga tidak bisa melihat lebih jauh. 

Keraton Pura Mangkunegaran sampai saat ini juga masih menjadi tempat tinggal baik Raja maupun para abdi dalem. 

Bagian lain, terdapat taman yang sangat asri dan bergaya klasik warna putih gading dengan segala hiasan yang ada. Setiap sudut lorong ini terdapat pajangan foto dan koleksi lain yang dimiliki oleh Keraton. Koleksi yang terkenal dimiliki adalah topeng yang ada dalam beberapa lemari-lemari kaca. 

Topeng ini terdiri dari berbagi tempat yang ada di Indonesia, baik hasil beli atau pemberian, ada yang dari Madura, Bali, Cirebon dan lain sebaginya. Topeng-topeng ini memperlihatkan bahwa setiap topeng memiliki karakteristiknya masing-masing. Ada yang terbuat dari kayu atau kulit dan cara penggunaannya adalah dengan digigit hingga pertunjukan selesai. Ada lagi koleksi benda pusaka yang juga berada di etalasi lemari kaca, tetapi tentu tidak semua dipajang. Apalagi dengan kondisi saat ini yang sedang dalam renovasi, hanya memperlihatkan sebagian kecil koleksi yang dimiliki oleh Keraton. 

keraton pura mangkunegaran
Bagian Taman 


Bagian selanjutnya, adalah Beranda Dalem tempat pertemuan keluarga, hingga saat ini masih digunakan jika datang tamu-tamu VIP. Selain itu, juga ada tempat makan yang ornamennya seperti kayu-kayu yang terdapat meja panjang di tengahnya dan bagian langit-langit dipasang kaca. Hal ini dimaksudkan jika dihidupkan lampu maka akan menambah penerangan di dalam ruangan. Sama halnya dengan Beranda Dalem, ruang makan ini masih digunakan jika terdapat acara-acara atau tamu VIP yang menghadiri keraton. 

Selain bagian-bagian yang disebutkan, Keraton Pura Mangkunegaran juga memiliki perpustakaan dengan koleksi yang sangat banyak. Sayangnya, ketika ingin masuk ke dalam perpustakaan waktu kunjungan sudah habis sehingga tidak bisa melihat-lihat koleksi di dalam. Padahal ini salah satu bagian menarik yang ingin saya kunjungi setelah penjelasan bapak tour guide. 

keraton pura mangkunegaran
Deretan ruangan yang menghadap taman


Penjelasan di atas hanya sebagian kecil yang saya dapatkan dari penjelasan tour guide. Ada banyak sekali bagian sejarah tentang Keraton yang tidak saya ceritakan disini. Ternyata sejarah Keraton Pura Mangkunegaran sangat menarik untuk diketahui. Karena ini saya jadi ikut penasaran bagaimana sejarah Keraton Surakarta Hadiningrat dan Keraton Yogyakarta. Lain kali, jika ada waktu dan kesempatan akan coba singgah kesana. 

keraton pura mangkunegaran
Tiket masuk


Kesimpulannya, Keraton Pura Mangkunegaran wajib dikunjungi jika sedang berada di Solo.  Apabila ingin informasi lebih jelas tentang sejarahnya bisa kunjungi di website resmi Keraton Pura Mamngkunegaran.


Sampai jumpa di jalan-jalan berikutnya ya.  Terima kasih sudah membaca ! 😊

Comments

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !


Suka nulis tapi kadang-kadang.


Please, send me a hello :)
cahyaisnainii@gmail.com


Instagram