social icons

search

bermonolog

[bermonolog]: blog ini dibuat sebagai salah satu komunikasi dengan diri sendiri

more from the blog

Bye 2021 !


 

KKN-Skripsi-Kerja-Pulang

Apa aja yang telah diselesaikan di 2021 ? Sedikit saya bagikan momen 2021 saya. Hanya enam bagian saja, tidak saya share secara detail. Momen ini dibagikan, agar tahun-tahun yang akan datang bisa lihat dan baca lagi apa yang dilakuin tahun 2021. Happy reading 1 

1. Kuliah Kerja Nyata (KKN)



Tahun 2021 jadi tahun yang luar biasa setelah 2020. Awal 2021 bisa merasakan untuk ikut Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN dibulan- bulan yang curah hujan tinggi. Setiap berangkat mendung- pulangnya kehujanan. Memang tidak senormal KKN sebelum covid. Tapi, bersyukur banget nggak sepenuhnya online. Setiap minggu menyisihkan waktu 3 hari kurang lebihnya untuk melakukan kegiatan di tempat KKN. Momen KKN yang luar biasa dengan tim yang luar biasa. Halo teman-teman KKN Jeporo ! 

2. Skripsi - Sidang- Wisuda

skripsi


KKN selesai, terbitlah skripsi. Pengerjaan skripsi memang sengaja ditunda karena bersamaan dengan KKN dan LPJ-an. Jadi saya prefer menyelesaikannya satu per satu. Setelah LPJ-an selesai, prepare menyelesaikan skripsi dan bisa sidang secara offline. Selama pengurusan berkas kirain bakalan bisa cepat sana sini, ternyata buanyakkk banget yang diurus. Mulai dari berkas sidang sampai dengan berkas wisudaan. Bahkan sempat salah foto untuk ijazah. 

Setelah urusan wisuda selesai pun, ijazah baru bisa diambil sebulan setelahnya. Lama ya ? Iya, cukup lama bagi saya yang menunggu ijazah ini segera keluar. Tapi masih harus nunggu lagi, mungkin karena kondisi yang nggak memungkinkan sehingga prosesnya agak lambat. 

3. Momen Wisuda



Wisuda tahun ini, wisuda kedua setelah sebelumnya saya menyelesaikan studi Diploma III. Momen yang nggak pernah kepikiran sebelumnya ada namanya wisuda daring. Ya, wisuda saya masih daring. Ketika periode wisuda saya ada yang luring, hanya saya dipilih beberapa perwakilan. Wisuda kali ini di kos, tanpa ramai-ramai di gedung auditorium atau merasakan Gedung Prakosa. 

Ah, sedih iya sedih. Orang tua nggak bisa datang, hanya mas dan mba aja yang ke Solo. Kebetulan ada penyetoran video untuk ditampilkan pada saaat prosesi wisuda, jadi sekalian foto di kampus untuk kenang-kenangan. Ada yang kurang tahun ini, ada banget. Beda banget. Prosesi wisuda yang hikmat, jadi terkesan biasa saja. Bagaimanapun, alhamdulillah saya selesai tepat waktu. 

4. Kerja 

Sebelum lulus, saya sudah mendapat kerja di salah satu kantor di Solo. Saya juga cukup nyaman dengan pekerjaan dan jam kerjanya. Hal ini karena saya kerja pada shift dua, yang membuat saya merasa tidak begitu terganggu jika masih ada urusan di kampus. 


Tapi sayang, ada hal yang juga tidak bisa saya ceritakan disini. Intinya saya selesai disini. Saya memutuskan untuk pindah domisili beberapa bulan, sebelum akhirnya memutuskan pulang. 

5. Pulang 

Pulang sudah menjadi list saya ditahun ini. Sudah memutuskan dengan yakin saya akan pulang. Ada beberapa pertimbangan, dimana akhirnya memilih pulang setelah urusan selesai di Jawa. Saya sendiri merasa, cukup sepertinya beberapa tahun tinggal di kota orang. Tidak ada salahnya untuk pulang ke kota sendiri. 

6. Jalan-jalan 

pulang


Sepertinya tahun 2021 juga lebih banyak interaksi di luar ya. Pusing dan suntuknya ngerjain skripsi, membuat saya ingin lebih sering main ke dunia luar nggak di kos aja. Mulai dari jalan- jalan nggak jelas sampai terlaksana ke pantai lagi, dengan tujuan pantai Pacitan. Oh iya, sekalian mlipir ke rumah teman di kota sebelah. Jadi lumayan sering bolak balik Tawangmangu juga untuk sekedar cari udara segar. Wishlist ke Telaga Sarangan juga terlaksana dannnn bisa main ke Dieng bareng teman-teman KKN. 

Liburan ke Dieng, naik motor dengan cuaca yang masih cukup sering hujan. Berangkatnya aman selamat sampai tujuan, pulangnya juga dalam keadaan sehat. Sayangnya, tidak bisa full team. Terima kasih banget terlaksana main-main ke Diengnya, dengan budget pas-pasan tetap gas aja ya. 

Baca juga : Slice of Life: Bagian 2 "Dieng"

Sebenarnya banyak banget momen di tahun 2021, ya sehat ya sakit. Kayaknya ini jadi tahun yang saya paling sering sakit (tifus dkk). Momen dimana riweuhnya pemberkasan wisuda yang mepet banget dan juga ngurusin wisuda teman-teman. Senang, akhirnya bisa sampai ditahap ini. 

Ada banyak bagian yang tidak diselesaikan ceritanya. Garis besarnya, cerita di atas adalah yang saya jalani ditahun 2021. Luar biasa sekali, apalagi momen yang tidak tertulis disini. 2021, menjadikan saya untuk banyak-banyak sabar dan ikhlas. Berharap boleh banget, tapi ingat sesuatu yang berlebihan nggak baik, kan ? Senangnya saya, sedihnya saya, marahnya saya, semua yang bercampur jadi satu bisa dilewati dengan baik. Terima kasih buat diri saya, kamu melakukan tugasnya dengan baik. 

Harapan saya di 2022, semakin bisa sabar, ikhlas dan punya hati yang lapang selapang-lapangnya. 







Salam,


Cahya Isnaini 

Comments

  1. aku jadi keinget jaman skripsian. riweh banget emang. apalagi waktu itu juga aku sambil kerja. jadi lumayan sering ijin buat survey dll. begitu wisuda, beeehhh rasanya legaaaaa banget. malam harinya sampe bingung mau ngapain. soalnya biasa malem hectic ngerjain skripsi 😆

    selamat tahun baruuuuu! semoga tahun ini lebih bersahabat yaaaa 🥳💕

    salam kenal 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iyaa bener banget skripsian, riweuh iya bosan iya. Aamiin aamiin.

      Delete

Post a Comment

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !

Sekarang tinggal di Sanggau, Kalimantan Barat. Penulis pemula, suka sekali makan dan masak. Senang sekali belajar hal-hal baru.

Please, send me a hello :)
cahyaisnainii@gmail.com