search

bermonolog

[monolog]: pembicaraan yang dilakukan dengan diri sendiri

more from the blog

No Comment

 ....bagian sulit lainnya-your parents. 

Terima kasih, 

Dan...maaf.

Doaku selalu menyertai kalian....


Satu hal lain yang perlu kalian tahu, aku mungkin bukan anak perempuan lemah lembut seperti anak lainnya tapi tenang aku sayang kalian...selalu. 

Location Unknown.

Tempat dimana saya membangun rumah masa depan. Dimana itu ? Tidak tahu, masih dalam bayangan dimana saya tinggal, dimana saya akan membangun rumah tersebut. 
Rumah selalu menjadi tempat untuk pulang. Sebanyak apapun tempat yang saya kunjungi, selalu menyadarkan bahwa itu hanya persinggahan, dimana r…

A MEMORY : REPEAT

A memory- Kenangan itu selalu berulang, menari-nari dipikiran. Jika memang aku disuruh memilih satu saja, tentu akan sulit. Baik itu kenangan baik ataupun buruk. Menurutku, kenangan tetap kenangan yang menjadikan pembelajaran dan proses pendewasaan diri. Kenangan itu bagai kaset yang siap diputar. Jika pun kuceritakan satu kenangan, tak kan habis dan tak kan cukup kata untuk mendeskripsikannya. 

a memory
Bagian dari kenangan 



Terus, apakah akan kuceritakan kenangan apa saja itu ? Oke, baiklah akan kusampaikan cuplikan kenangan yang terpilih. 

*****


Disuatu siang, di tengah teriknya matahari. Tiga bocah yang berusia lima tahun sedang asyik bermain. Dua bocah sedang sibuk bermain masak-masakan dan satunya sedang bermain sepeda. Hingga entah bagaimana sepeda yang dinaikinya melaju di jalan menurun dan membuatnya jatuh tersungkur. Kedua temannya berteriak dan berlari mendekatinya. Namun, bocah ini hanya diam tak menyaut. Dia bangkit dari jatuh dan berjalan pulang ke rumah tanpa memperdulikan teman-temannya.Bahkan sepeda temannya pun tak dihiraukan apakah rusak ? Atau yah sudahlah. Tidak ada rasa sakit ataupun menangis sepanjang perjalanan. 

Di rumah, seorang ibu sedang memasak ketika anak perempuannya datang dan langsung masuk ke kamar. Aneh, tidak biasanya anak ini berperilaku demikian. Ibunya bergegas ke kamar dan melihat dia sedang berbaring tengkurap membelakangi sang ibu. 

"Dek, kamu kenapa ?" 
Diam.
"Hei, ditanya itu jawab. Kamu kenapa dek ?" sambil membalikan badan sang anak. Dilihat darah bercucuran dari hidung sang anak. Tangis sang anak pun pecah. 

*****

Things That Makes Me Happy

...baru juga tantangan kedua tapi sudah membuat saya berpikir berkali-kali lipat. Kalau dipikir-pikir tantangan menulis kali ini adalah uji nyali bagi saya. Sejauh mana saya mengenali diri saya sendiri. Tulisan hari kedua membahas tentang - things that makes you happy. 

memasak
masak-masak


1. Hirup dalam -dalam aroma buku baru. 

Aneh nggak, sih. Sungguh... saya sangat suka aroma buku baru. Bahagia rasanya menyobek sampul buku kemudian cepat-cepat menghirup aroma-aroma kertasnya. Mungkin bagi sebagian orang ini terlihat aneh, tapi saya yakin banyak orang yang setipe juga dengan saya, haha. 


2. Berkeliling kota mengendari motor. 

Biasa saja, tidak ada yang istimewa. Tidak, tentu tidak bagi saya. Kota mana yang dimaksud ? Banyak kota tentu saja, dimana saja ketika saya ada waktu maka saya luangkan untuk berkeliling. Memahami setiap sudut kota, kupandangi lekat-lekat supaya selalu ingat bahwa 

"oh ...saya pernah melalui jalan ini " 

"Dulu tak ada bangunan ini"

"Wah jalanannya sudah mulus, lebih ramai dan banyak pedagang" 

Sesederhana itu dan saya senang, saya senang melakukannya dan mengenangnya. 


3. Duduk diam, menghirup udara bebas. 

Tenang, damai, menyenangkan. 

Hal ini biasa saya lakukan ketika berkunjung ke tempat baru dan berada di alam. Part paling menyenangkan ketika mulai menutup mata, hembusan angin menerpa wajah, menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan. 


4. Memasak

Entah sejak kapan saya menjadikan memasak sebagai suatu kesenangan. Dulu sekali, lupa tepatnya kapan apakah kelas tiga atau empat SD saya mulai belajar memasak. Tentunya dimulai dari memasak mie, telur dan nasi goreng. Memang bukan menggunakan kayu bayar, tetapi menggunakan kompor minyak untuk memasak. Nyalakan api, kemudian memutar bagian tengah kompor dan ditutup bagian atasnya. Tidak benar-benar belajar memasak, hanya saja saya senang memperhatikan mama ketika memasak, apa saja bumbunya -bagaimana memasak sambil mencuci sambil menjaga warung- multitasking sekali. Bisa jadi kebiasaan -kebiasaan itulah yang membuat saya menikmati kegiatan memasak.


Kalau ditanya apa lagi sih yang membuat saya bahagia ? Sederhana saja, bisa berbicara dengan keluarga adalah sesuatu yang membuat saya bahagia. Saling bertukar cerita bersama sahabat, keliling dan duduk di toko buku, makan nasi hangat dengan telor ceplok, banyak sekali rasanya sesuatu yang membuat saya bahagia. Senang rasanya. Bahagia ? Sangat, apalagi melakukan hal-hal tersebut dengan diri sendiri, keluarga bahkan bersama orang-orang tersayang. 

My Personality

cahya isnaini
Hai !



Kalau ditanya bagaimana kepribadian saya ? Saya sulit menjelaskannya, tantangan paling sulit sepertinya. Bukan berarti saya tidak paham bagaimana diri saya, tetapi rasanya sulit saja untuk menjelaskan ke orang lain perihal pribadi saya. 

Dari saya duduk di bangku sekolah menengah pertama hingga saat ini, first impression orang-orang adalah cuek, judes, tegas dan segala yang tidak enak. Mulai dari saya begitu sensitif terhadap tanggapan orang sampai saya merasa biasa saja. Tapi jika saya bisa saya ceritakan sedikit. Saya adalah orang  yang terbiasa melakukan apa-apa sendiri. Bukan berarti saya tidak butuh pertolongan, hanya saja jika masih bisa saya kerjakan sendiri maka saya akan kerjakan sendiri. Saya orang yang kurang enakkan untuk menolak, bisa kepikiran berhari-hari padahal saat itu saya memang tidak bisa. Dulu saya seperti itu, tapi sekarang saya mencoba untuk menentukkan apakah ketika saya membantu akan membuat saya senang dan tentunya tidak memaksa diri saya sendiri untuk berkata "iya".  

Saya adalah orang yang bilang 'lah terserah saya mah ga peduli' tapi tetep cari tahu sendiri gimana keadaan orang tersebut. Seenggak pedulinya saya, saya tetap tidak tega. Hal ini pun berlaku dengan perkataan orang, misal saya merasa saya tidak perlu mendengarkan pendapat orang yang menyakitkan tetapi tetap saja saya kepikiran. Begotu terus, saya tahu ini tidak baik karena itu saya sudah mulai mengubahnya. Setidaknya untuk saat ini sya sudah mulai bisa mengontrol apa yang harus saya pikirkan dan apa yang tidak.

Sudah, cukup rasanya saya menceritakan sedikit tentang bagaimana saya Hanya ini yang bisa saya sampaikan tentang diri saya. Salam kenal dan selamat berkenalan !



Terima kasih sudah mampir 😊

Berkunjung ke Pantai Ngarumput

Tiga tahun berkuliah di Jogja tidak membuat saya sering berkunjung ke tempar wisata disana. Bahkan tiga tahun berkuliah hanya pernah berkunjung ke pantai yaitu Pantai Parangtritis. Rasanya sudah di tinggal disan membuat saya enggan untuk kemana-mana. Hal ini membuat saya langsung setuju ketika diaj…

Perjalanan New Normal

Bagaimana berpergian disaat new normal ? Apa saja yang perlu dipersiapkan ? 
Dua hari lalu saya melakukan perjalanan pulang dari Solo ke Sanggau, Kalimantan Barat. Setelah lima bulan saya benar-benar melaksanakan kuliah online di kost saya memutuskan untuk pulang. 
Tentunya sebelum pulang saya sudah …

Belajar Menggambar

Hola ! Apa kabar semuanya ? Saya harap semuanya dalam keadaan yang sehat tentunya. Dalam dua bulan terakhir sudah mulai bingung harus melakukan apa dengan posisi saya yang masih di kos aja. Karena uring-uringan mencari kesibukan dan akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat gambar dengan aplik…

Review Buku : The Life-Changing Magic of Tidying Up

(foto menyusul haha) 


Ketemu lagi disuasana yang masih di rumah aja. Mei lalu, saya dapat kiriman hadiah dari giveaway buku dari Mba Astrida Hara. Buku ini saya pilih sendiri judulnya The Life-Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo. 

Seperti yang sudah saya jelaskan ditulisan-tulisan saya seb…

Nothing Special

Lebaran tahun ini nothing special...





Tahun ini menjadi tahun yang berkesan buat saya meskipun tidak ada yang spesial. Pandemi sedang terjadi di seluruh dunia dan membuat orang -orang merayakan lebaran di rumah saja hingga tidak mudik termasuk saya. 

Tahun di mana saya pertama kalinya lebaran tanpa ke…

Review Buku : Buku Minta Dibanting

(Foto menyusul)

Sesuai judulnya ketika kamu beli buku ini dan baca, kamu akan merasa "emang ya pengen banget banting buku ini, haha"

Sinopsis "Buku Minta Dibanting"


Wahai, kalian yang ngakunya single but unavailable, masing sering di PHP-in ? Itu tuh lo yang mendadak berharap cuma …

Lebaran Tanpa Mudik

Lebaran tanpa mudik sepertinya memang ada yang kurang pas ya. Padahal lebaran jadi momen di mana keluarga yang mencar kesana kemari jadi kumpul disatu momen ini. Momen saling melepas rindu dan bermaaf-maafan. Apa daya tahun ini tidak bisa mudik. 

Mengapa tidak mudik ?

Tentu alasan utama adalah karena…

Lebaran di Masa Lalu

Apa hal yang paling kalian rindukan di hari lebaran ? 

Kalau saya tentu semuanya. Semua yang terjadi setiap tahun di momen lebaran terasa spesial. Hanya saja ada momen yang sangat berkesan pastinya, kan ?
Momen yang dirindukan adalah bisa kumpul lebaran dengan formasi yang lengkap. Saya dua bersauda…

Baju Baru Alhamdulillah

Baju baru Alhamdulillah.... 


Dulu sekali sepertinya membeli baju baru untuk menyambut hari raya adalah sebuah rutinitas. Hanya saja, semakin dewasa jadi berpikir bukan tentang baju barunya tapi malah bagaimana puasa saya yang kemarin dan setelah lebaran nanti. Saya sudah mulai mengurangi membeli baj…

Soto Sokaraja, Makanan Wajib saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi... lebaran sebentar lagi ...



Tidak lama lagi seluruh umat islam akan merayakan hari lebaran. Adakah disini yang pencinta makanan berkuah, terutama soto ? Sudah pernah coba "soto sokaraja" belum ? 

Makanan khas yang wajib banget ada ketika lebaran tiba itu "Soto So…

Review Buku : Filosofi Teras

(Foto Menyusul ya 😜 !)

Masih dalam suasana #dikosaja memberikan saya niat untuk menyelesaikan buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring. Buku ini masuk dalam national best seller. Buku ini bukan jadi buku wishlist saya tahun ini, karena ini termasuk hadiah dari pertambahannya usia saya di bulan j…

#dikosaja

Sudah hampir seminggu, saya di kos aja sesekali keluar karena butuh mencari makanan. Tentunya saya juga tidak pulang ke rumah, karena you know .... my hometownis so far away haha, canda. Tiket lagi murah, sih. Tapi siapa jamin saya bisa selamat dan terhindar dari virus yang sedang menjadi pandemi s…

Alse ?

Solo sedang diguyur hujan akhir-akhir ini, bisa hujan seharian dan kadang disertai gluduk juga. Jadi membuat saya enggan bergerak kemana-mana, tapi apa mau dikata hujan badai pun tetap menjalani aktivitas seperti biasa. 

Kalau musim hujan gini biasanya makanan atau minuman yang dicari mesti yang han…

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat 
Review time. Tahun yang baru dimulai dengan membeli buku-buku yang sudah saya idam-idamkan sejak lama. Semua buku yang sudah saya baca, akan saya review ya di blog ini. Buku yang pertama saya baca adalah buku dengan judul Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat. Bu…

Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar

Jangan suka membesar-besarkan masalah, deh~

It's time to review. Lagi, lagi saya mereview buku. Sepertinya, teman-teman akan banyak melihat posting review buku akhir-akhir ini ya. Buku yang satu ini masih kategori self improvment. Buku ini juga saya beli barengan dengan buku Sebuah Seni Untuk Be…

Belanja Buku Murah dengan MyValue

Belanja Buku Murah dengan MyValuemembaca adalah jendela dunia~

Saya mau cerita dulu ya, kalau membaca salah satu hobi yang udah cukup lama saya lakukan. Pertama kali suka baca itu genre teenlit *eh teenlit itu genre atau apa ? Pokoknya itulah ya novel novel teenlit gitu, tapi sayangnya di kota temp…

do you wanna know when a new post comes out?

Profile Photo

About Cahya

Profile Bio

Hai, saya Cahya !


Suka nulis tapi kadang-kadang.


Please, send me a hello :)
cahyaisnaini33@gmail.com


Instagram